Program Pendidikan
Sejak berdiri pada tahun 2015, Pondok Modern AIBS Sumberrejo membuka Program Pendidikan KMI (Kulliyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyah):
Minimal 6 (enam) tahun bagi calon santriwati lulusan SD/MI atau sederajat (Jalur Kelas Biasa).
Minimal 4 (empat) tahun bagi calon santriwati lulusan SMP/MTs/SMA/ MA/SMK atau sederajat (Jalur Kelas Intensif).
Proses Pembelajaran
Pendidikan di Pondok Modern ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (PM-AIBS) Sumberrejo dilaksanakan selama 24 jam, dimana proses belajar mengajar yang mengedepankan aspek akademis dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai pukul 12.20 WIB, selain waktu tersebut santriwati mengalami proses pendidikan dengan sekian banyaknya kegiatan yang mendukung intrakurikuler dan ekstra kurikuler.
Secara prinsip, metode pendidikan di Pondok Modern AIBS Sumberrejo dilaksanakan dengan keteladanan, pengarahan, penugasan, pembiasaan, dan penciptaan lingkungan.
Keteladanan
Keteladanan dicontohkan oleh kyai, ustadz/ustadzah, dan santriwati. Metode ini sangat efektif dalam mendidik karakter, karena sebaik-baiknya pendidikan adalah dengan perbuatan, bukan sekedar dipidatokan.
Pengarahan
Setiap pekerjaan selalu diawali dengan pengarahan. Hal itulah yang diterapkan dalam proses pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern AIBS Sumberrejo, sehingga memungkinkan santriwati untuk memahami nilai-nilai filosofis dari setiap apa yang dikerjakan, dan bukan hanya sekadar mengerjakan tugas dan kewajibannya.
Penugasan
Diantara metode yang benar dalam mendidik adalah dengan penugasan. Santriwati dapat menghayati nilai-nilai pendidikan setelah mengerjakan tugas yang diberikan. Di KMI Pondok Modern AIBS Sumberrejo santriwati diberi tanggung jawab untuk mengerjakan tugas dalam jumlah yang banyak, hal tersebut melatih mereka mampu memecahkan problem yang dihadapinya.
Pembiasaan
Metode pembiasaan yang diterapkan di Pondok Modern ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (PM-AIBS) Sumberrejo cukup efektif di dalam melatih santriwati untuk melakukan hal-hal yang positif, karena mereka dibiasakan berdisiplin bahkan dengan sedikit paksaan.
Penciptaan Lingkungan
Lingkungan yang kondusif mutlak ada dalam sistem pendidikan asrama, karena kondisi tersebut mendukung terciptanya miliu belajar yang sehat, segala apa yang didengar, dilihat, dan dirasakan oleh santriwati adalah merupakan unsur-unsur yang mendidik.