Scroll Top
Jl. Sikatan No.331B, Sumberejo, belakang Kantor, Kec. Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62191

kurikulum

Kurikulum di Pondok Modern ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (PM-AIBS) Sumberrejo adalah kurikulum Pesantren Mu’adalah Jenis Mu’allimin/Mu’allimat yang mengacu pada kurikulum KMI Gontor dan telah ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6842 Tahun 2015, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan Mu’adalah Jenis Mu’allimin. Kurikulum pesantren mu’adalah ini ditambah dengan kurikulum PontrenMu (ITMAM/LP2 PPM).
Sebagai lembaga pendidikan yang mengutamakan pembentukan mental karakter santriwati, PM-AIBS Sumberrejo menggunakan pendekatan yang intergral, komprehensif, dan mandiri. Sarana utama dalam pendidikan PM-AIBS Sumberrejo adalah keteladanan, pembelajaran, penugasan dengan berbagai macam kegiatan, pembiasaan dan pelatihan, sehingga terciptalah miliu yang kondusif, karena seluruh santriwati tinggal di dalam asrama dengan disiplin yang tinggi. Setiap kegiatan dikawal dengan rapat, disertai dengan pengarahan, bimbingan, dan evaluasi, serta diisi dengan pemahaman terhadap manfaat, sasaran, dan latar belakang filosofisnya. Dengan demikian seluruh dinamika aktivitas tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal.
Secara umum, kekhasan sistem pendidikan mu’allimin/mu’allimat di Pondok Modern ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (PM-AIBS) Sumberrejo ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

BErsifat Integratif

Memadukan intra kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler dalam satu kesatuan sistem pendidikan pesantren yang mampu secara konsisten memadukan tri-pusat pendidikan: pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Memadukan antara keunggulan sistem pendidikan pesantren dan sistem pengajaran madrasah dalam satu paket. Pola seperti ini memungkinkan untuk terjadinya integrasi antara iman, ilmu, dan amal, antara teori dan praktek dalam satu kesatuan. Hal ini didukung oleh keberadaan santriwati di dalam pesantren selama 24 jam.

Bersifat Komprehensif

Pendidikan yang komprehensif bersifat menyeluruh dan komplit, yang mengembangkan potensi santriwati (intelektualitas, spiritualitas, mentalitas, dan fisik) menuju kesempurnaannya. Inti kurikulum KMI Pondok Modern AIBS Sumberrejo adalah pengembangan dirasat Islamiyah di mana santriwati tidak hanya belajar ilmu-ilmu keagamaan saja, akan tetapi santriwati juga dikenalkan dengan berbagai bidang ilmu lain yang bermanfaat dalam kehidupannya. Pendidikan dilaksanakan bukan hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas dengan berbagai kegiatan yang padat dan mendidik. Pendidikan dengan pola seperti ini memungkinkan untuk tidak mengenal dikotomi ilmu pengetahuan.
Bersifat Mandiri
Kurikulum KMI Pondok Modern ‘Aisyiyah Islamic Boarding School (PM-AIBS) Sumberrejo bersifat mandiri, sebagaimana tertuang dalam Panca Jiwa Pondok Pesantren, yang juga mandiri dalam organisasi, pendanaan, sistem, hingga manusianya. Seluruh santri dan guru dilatih untuk mengatur tata kehidupan pondok secara menyeluruh “self government” tanpa melibatkan orang lain. Kemandirian kurikulum tercermin pada independensi menentukan bahan ajar, proses pembelajaran, dan sistem penilaian.

Perwujudan dari sistem pendidikan pesantren yang integratif, komprehensif, dan mandiri dalam sebuah interaksi positif antara santriwati, guru, dan kyai dalam sebuah pola kehidupan pesantren dengan kyai sebagai figur yang menjiwai dan masjid sebagai pusat kegiatan, menghasilkan pola pendidikan khas pesantren yang mengembangkan potensi santriwati dalam berbagai aspek kehidupan.
Maka dari itu, struktur kurikulum KMI Pondok Modern AIBS Sumberrejo disusun secara integratif, komprehensif, dan mandiri yang terdiri dari: Intra Kurikuler, Ko-Kurikuler, dan Ekstra Kurikuler.